Orang yang Lahir pada Mangsa Kasa Berwajah Tampan atau Cantik tapi Keras Kepala

Siklus  Pawukon Wuku Dhukut minggu ke-29, dari 30 minggu yang ada, periode 21 s/d 27 Juni 2020,  penanggalan Jawa 29 Sawal s/d 6 Dulkaidah/Sunya, tahun Wawu 1953

Pranatamangsa: Mangsa Surya I (Kasa), mulai 22 Juni s/d 1 Agustus, umurnya 41 hari. Candranya: “Sotya Murca ing Embanan” artinya mata cincin yang hilang, memasuki musim kemarau, ditandai dengan daun-daun rontok. Para petani mulai menanam palawija, setelah dua kali musim tanam padi.  Orang yang dilahirkan pada mangsa ini tampan atau cantik, cerdas, tetapi keras kepala dan tidak sabaran.

Sementara itu, menghitung hari baik, untuk bepergian jauh memakai perhitungan panca suda. Panca artinya lima dan suda artinya dikurangi. Ada lima yang dihitung dengan urutan: 1. Suku, 2. Watu, 3. Gajah, 4. Baya, 5. Ratu, tetapi hanya satu angka yang dipakai yaitu angka yang jatuh pada akhir dari hitungan angka yang ada.

Caranya dengan menghitung neptunya (jumlah angka hari lahir ditambah jumlah angka pasaran). Jumlah tersebut dihitung, jika jatuh pada gajah atau ratu berarti baik, tetapi arah perginya jangan menuju ke tempat kala. Sedangkan jika jatuh pada suku, watu atau baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Minggu Pon, 21 Juni 2020, kalender Jawa 29 Sawal, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Minggu + Pon, 5 + 7 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut PITUTUR, banyak masalah.

Senin Wage, 22 Juni 2020, kalender Jawa 1 Dulkaidah, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Senin + Wage, 4 + 4 = 8, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat Kala berada.

Untuk pindah rumah disebut SATRIA PINAYUNGAN selamat dihormati orang banyak.

Selasa Kliwon, 23 Juni 2020, kalender Jawa 2 Dulkaidah, tahun Wawu 1953, hari Bangas Padewan, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Selasa + Kliwon, 3 + 8 = 11, jatuh pada perhitungan suku, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Rabu Legi, 24 Juni 2020, kalender Jawa 3 Dulkaidah, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Rabu + Legi, 7 + 5 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Kamis Paing, 25 Juni 2020, kalender Jawa 4 Dulkaidah, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Kamis + Paing, 8 + 9 = 17, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Jumat Pon, 26 Juni 2020, kalender Jawa 5 Dulkaidah, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Jumat + Pon, 6 + 7 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan Baratdaya tempat Kala berada. Untuk pindah rumah disebut MACAN KETAWANG, sering cekcok dan banyak masalah.

Sabtu Wage, 27 Juni 2020, kalender Jawa 6 Dulkaidah, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Sabtu + Wage  9 + 4 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat Kala berada.

Untuk pindah rumah disebut PITUTUR, banyak masalah.

Jika arah berpergian yang akan dituju bertepatan dengan tempat kala berada, dapat disiasati dengan merubah arah sementara, sewaktu meninggalkan rumah.

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×