Ajaran Moral dalam Serat Panutan

Ajaran Moral dalam Serat Panutan

Panutan berarti segala sesuatu yang dijadikan patokan, contoh, yang ditiru entah hal yang baik atau buruk. Harapannya tentu saja yang ditiru atau dicontoh kemudian diterapkan adalah hal-hal yang baik. Berbagai contoh tersebut (hal baik atau pun buruk) ada dalam serat Panutan.

Serat Panutan merupakan karya sastra lama berbentuk prosa yang berisi ajaran atau nasihat. Nasihat tersebut dikemas dalam bentuk cerita, dengan tokoh antara lain Mbok Singadrana, Dapa, Bauwijaya, Ki Suromenggala, Mbok Suramenggala, Tentrem dan Darmadrana.

Inti ceritanya, Mbok Singadrana dan anaknya Dapa, hidup sengsara setelah Ki Singadrana meninggal. Lebih-lebih setelah sawah peninggalan suaminya yang digadaikan pada Bauwijaya tidak dapat ditebus. Tetapi Mbok Singadrana tidak putus asa, kemudian bekerja sebagai buruh di tempat Ki dan Mbok Suromenggala.

Mbok Singadrana bekerja dengan rajin, jujur dan tepat waktu. Dapa juga diajari untuk bekerja agar terbiasa bekerja sehingga kelak dapat mandiri dan tidak sengsara.

Di akhir cerita ditulis Mbok Singadrana dan Dapa hidup makmur dan kaya. Sawah, hewan ternak dan tanah pekarangannya luas. Dapa kemudian menikah dengan Tentrem anak dari Ki dan Mbok Darmadrana. Gadis yang sederhana, rajin bekerja, hemat dan berbakti kepada orang tua.

Dengan kekayaanya Dapa dan keluarganya banyak membantu orang lain. Termasuk Ki Bauwijaya, lintah darat yang dulu banyak menyengsarakan orang, termasuk Mbok Singadrana.

Inti Serat Panutan adalah ajaran untuk menghormati orang tua, hidup rajin, hemat, berhati-hati, jujur, selalu melawan godaan, bekerja keras dan tidak pendendam. Siapa menabur akan menuai. Bila yang ditabur benih kebaikan, yang didapat juga kebaikan, bila yang ditabur keburukan yang dituai juga keburukan.

Judul: Ajaran Moral dalam Serat Panutan
Penulis: Titi Mumfangati, Wahjudi Pantja Sunjata
Penerbit: BPNB, 2019, Yogyakarta
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: viii + 152

Koleksi Perpustakaan Tembi Rumah Budaya

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *