Wuku Tolu

Orang yang Dilahirkan pada Mangsa Surya II Punya Sifat Suka Menolong, tapi Kurang Hati-hati

Pekan ini Wuku Tolu, berada di minggu ke-5 dari 30 minggu yang ada periode 2 s/d 8 Agustus 2020, Penanggalan Jawa 12 s/d 18 Besar, tahun Wawu 1953

Pranatamangsa: Mangsa Surya II (Karo), mulai 2 s/d 24 Agustus, umurnya 23 hari. Memasuki musim kemarau. Candranya: “Bantala Rengka” artinya tanah pertanian ‘nela’ pecah-pecah. Orang yang dilahirkan pada mangsa ini wataknya terbuka, suka menolong, tetapi kurang hati-hati.

Sementara itu, menghitung hari baik, untuk bepergian jauh memakai perhitungan panca suda. Panca artinya lima dan suda artinya dikurangi. Ada lima yang dihitung dengan urutan: 1. Suku, 2. Watu, 3. Gajah, 4. Baya, 5. Ratu, tetapi hanya satu angka yang dipakai yaitu angka yang jatuh pada akhir dari hitungan angka yang ada.

Caranya dengan menghitung neptunya (jumlah angka hari lahir ditambah jumlah angka pasaran). Jumlah tersebut dihitung, jika jatuh pada gajah atau ratu berarti baik, tetapi arah perginya jangan menuju ke tempat kala. Sedangkan jika jatuh pada suku, watu atau baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Minggu Kliwon, 2 Agustus 2020, kalender Jawa tanggal 12 Besar, tahun Wawu 1953, tanggal nahas, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Minggu + Kliwon, 5 + 8 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat Kala berada. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Senin Legi, 3 Agustus 2020, kalender Jawa tanggal 13 Besar, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Senin + Legi, 4 + 5 = 9, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Selasa Paing, 4 Agustus 2020, kalender Jawa tanggal 14 Besar, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Selasa + Paing, 3 + 9 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Rabu Pon, 5 Agustus, kalender Jawa tanggal 15 Besar, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Rabu + Pon, 7 + 7 = 14, jatuh pada perhitungan baya tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Kamis Wage, 6 Agustus 2020, kalender Jawa tanggal 16 Besar, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Kamis + Wage, 8 + 4 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Jumat Kliwon, 7 Agustus 2020, kalender Jawa tanggal 17 Besar, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Jumat + Kliwon, 6 + 8 = 14, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Sabtu Legi, 8 Agustus 2020, kalender Jawa tanggal 18 Besar, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Sabtu + Legi  9 + 5 = 14, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Jika arah berpergian yang akan dituju bertepatan dengan tempat kala berada, dapat disiasati dengan merubah arah sementara, sewaktu meninggalkan rumah.

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×