Masuk Mangsa Kaenem, Orang Kelahiran Mangsa Ini Cerdas tapi Somong

Pekan ini Wuku Tambir, berada di minggu ke-19 dari 30  minggu yang ada, periode 8 s/d 14 November 2020, Penanggalan Jawa 22 s/d 28 Mulud, tahun Jimakir 1954

TAMBIR Pawukon 19

Pranatamangsa: Mangsa Surya VI (Kaenem), mulai dari 9 November s/d 21 Desember umurnya 43 hari. Candranya: “Rasa Mulya Kasucian”. Artinya musim hujan dan musim buah-buahan: mangga, rambutan, durian, dll. Orang yang lahir pada Mangsa Kaenem ini cerdas tetapi sombong.    

Sementara itu, menghitung hari baik, untuk bepergian jauh memakai perhitungan panca suda. Panca artinya lima dan suda artinya dikurangi. Ada lima yang dihitung dengan urutan: 1. Suku, 2. Watu, 3. Gajah, 4. Baya, 5. Ratu, tetapi hanya satu angka yang dipakai yaitu angka yang jatuh pada akhir dari hitungan angka yang ada.

Caranya dengan menghitung neptunya (jumlah angka hari lahir ditambah jumlah angka pasaran). Jumlah tersebut dihitung, jika jatuh pada gajah atau ratu berarti baik, tetapi arah perginya jangan menuju ke tempat kala. Sedangkan jika jatuh pada suku, watu atau baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Minggu Pon, 8 November 2020, kalender Jawa 22 Mulud, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Minggu + Pon, 5 + 7 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut PITUTUR, banyak masalah.

Senin Wage, 9 November 2020, kalender Jawa 23 Mulud, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Senin + Wage, 4 + 4 = 8, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat Kala berada.

Untuk pindah rumah disebut SATRIA PINAYUNGAN selamat dihormati orang banyak.

Selasa Kliwon, 10 November 2020, kalender Jawa 24 Mulud, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Selasa + Kliwon, 3 + 8 = 11, jatuh pada perhitungan suku, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Rabu Legi, 11 November 2020, kalender Jawa 25 Mulud, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Rabu + Legi, 7 + 5 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Kamis Paing, 12 November 2020, kalender Jawa 26 Mulud, tahun tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Kamis + Paing, 8 + 9 = 17, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Jumat Pon, 13 November  2020, kalender Jawa 27 Mulud, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Jumat + Pon, 6 + 7 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan Baratdaya tempat Kala berada. Untuk pindah rumah disebut MACAN KETAWANG, sering cekcok dan banyak masalah.

Sabtu Wage, 14 November 2020, kalender Jawa 28 Mulud, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Sabtu + Wage  9 + 4 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat Kala berada.

Untuk pindah rumah disebut PITUTUR, banyak masalah. Jika arah berpergian yang akan dituju bertepatan dengan tempat kala berada, dapat disiasati dengan merubah arah sementara, sewaktu meninggalkan rumah.

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×