Manfaat Permainan Tradisional bagi Pembentukan Karakter Anak-anak

Permainan dan anak-anak merupakan dua hal yang berbeda tetapi hampir tak dapat dipisahkan. Karena dunia anak-anak adalah kehidupan yang penuh dengan bermain. Bermain adalah aktivitas yang menyenangkan dan penting bagi anak. Bermain merupakan sarana untuk bersosialisasi dan internalisasi.

Melalui permainan anak akan berpikir lebih kreatif, menghubungkan peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain, lebih mampu mengungkapkan pikiran dan perasaan. Anak juga akan menemukan kekuatan dan kelemahannya, keterampilan, minat, pemikiran dan lain-lain. Saat bermain anak akan mengembangkan kemampuan tubuh, otot, koordinasi gerakan, kemampuan berkomunikasi, berkonsentrasi dan keberanian mencetuskan ide-idenya.

Permainan tradisional adalah permainan yang banyak berperan dalam perkembangan anak. Jenis permainan tradisional yang diwariskan secara turun temurun ini sangat banyak. Tetapi secara umum dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu yang bersifat pertandingan (games) dan bersifat permainan hiburan (non games). Ada yang dimainkan secara beregu ada yang dimainkan sendiri. Bahan-bahan permainan tradisional sebagian besar berasal dari lingkungan sekitar dan dibuat oleh anak-anak sendiri.

Permainan (tradisional) anak dapat diklasifikasikan berdasarkan usia, jenis kelamin dan kekuatan atau tenaga. Artinya, permainan yang dimainkan di kalangan anak usia tertentu, belum tentu dimainkan di kalangan usia lain. Jadi ada kecenderungan dimainkan anak yang berusia sebaya. Jenis-jenis permainan tertentu hanya dilakukan oleh anak laki-laki dan jenis-jenis tertentu hanya dilakukan anak perempuan. Pada umumnya permainan yang membutuhkan kekuatan fisik adalah permainan anak laki-laki, sedangkan permainan yang tidak begitu membutuhkan kekuatan fisik dilakukan anak perempuan. Tetapi klasifikasi ini tidak berlaku kaku atau mutlak.

Buku ini membahas 20 macam permainan tradisional dari sekian banyak permainan tradisional yang masih dan pernah ada. Tidak dapat dipungkiri bahwa permainan tradisional sekarang makin tersisih. Bahasan tersebut meliputi asal-usul permainan, waktu dan tempat bermain, peserta, peralatan yang digunakan, jalannya permainan serta fungsinya.

Permainan Tradisional

Judul: Pemanfaatan Permainan Tradisional dalam Pembentukan Karakter Anak
Penulis: Sujarno, dkk
Penerbit: BPNB, 2013, Yogyakarta
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: xi + 184 Koleksi Perpustakaan Tembi Rumah Budaya

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×