Shalawat Jawa Sebagai Kearifan Lokal

Shalawatan merupakan salah satu bentuk aktivitas keagamaan yang lazim ditemui di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya terdapat di Desa Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang disebut shalawatan Jawa. Shalawatan Jawa merupakan kesenian tradisional Jawa  yang bernuansa Islam. Alat musik tradisional yang digunakan sebanyak lima jenis, yaitu kempyang kecil, kempyang besar, kempul, dodok/kendang dan gong. Anggota shalawatan Jawa ini berjumlah sekitar 17 orang. Pertemuan sekaligus latihan dilakukan dua minggu sekali.

Shalawatan Jawa merupakan tradisi lisan kaum santri dalam membaca shalawat Nabi. Kegiatan perkumpulan kesenian tradisional Shalawatan Jawa berusaha memadukan budaya Jawa dan Arab selaras dengan kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai Pancasila.

Perkumpulan ini mempunyai dua karakteristik khas. Pertama, menggunakan tiga bahasa yaitu bahasa Jawa, Arab dan Indonesia. Bahasa Jawa digunakan dalam tembang Jawa, yang memiliki guru gatra, guru lagu dan guru wilangan misalnya tembang Maskumambang dan Pocung. Bahasa Arab berupa syair kitab Al-Barjanji yang berisi pujian kepada Nabi Muhammad. Sedangkan bahasa Indonesia digunakan untuk menjelaskan konsep shalawat Jawa kepada masyarakat umum agar mudah dimengerti.

Karakteristik kedua yaitu menggunakan tulisan atau huruf Jawa, Arab dan Latin. Huruf Jawa digunakan untuk melestarikan huruf Jawa (Hanacaraka), terutama dalam tembang Jawa. Huruf Arab digunakan untuk syair Al-Barjanji. Huruf Latin untuk mempermudah membaca terutama bagi generasi muda.

Anggota perkumpulan ini juga mempunyai kegiatan di luar shalawatan Jawa sebagai bentuk atau ikatan sosial, misalnya saling menolong ketika ada anggota yang sedang kesulitan atau terkena musibah, saling mengundang bila ada acara-acara tertentu seperti pernikahan. Bentuk-bentuk kegiatan seperti ini makin mempererat ikatan di antara mereka. Hal-hal yang cocok sesuai isi shalawatan Jawa.

Judul: Upaya Melestarikan Solidaritas Sosial Shalawat Jawa sebagai Kearifan Lokal – Buku Pedoman Shalawatan Jawa Seri 3
Penulis: Irmawan, SIP., Msi
Penerbit: B2P3KS Press, 2020, Yogyakarta
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: ix + 86 Koleksi Perpustakaan Tembi Rumah Budaya

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×