Komik Pengetahuan untuk Mengenalkan Anak-anak Memahami Zaman Purba

Sangiran merupakan situs yang melahirkan banyak pengetahuan terkait manusia, budaya dan lingkungan purba dari kala Pleistosen. Tulisan tentang situs Sangiran (terletak di dua Kabupaten, Sragen, dan Karang Anyar, Jawa Tengah),  tersaji pada berbagai jurnal ilmiah arkeologi, paleoantropologi, geologi dan lain-lain. Bahasa yang digunakan sangat teknis, sehingga pembaca yang bisa memahami berasal dari kalangan tertentu saja.

Media komik adalah salah satu cara untuk mentransfer informasi tentang situs Sangiran. Komik memuat lebih banyak gambar, teks lebih sedikit tetapi jelas, singkat dan padat. Materi yang berat namun dikemas dengan format populer berbentuk komik menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Anak-anak menjadi lebih mudah dalam belajar dan memahami.

Buku berformat komik ini menceritakan seorang anak beserta ayah dan teman-temannya ketika mengunjungi situs Sangiran. Tujuan mereka adalah museum Ngebung, museum Manyarejo, museum Bukuran, museum Krikilan dan diakhiri di museum Dayu. Sang ayah bercerita mulai dari proses ekskavasi atau penggalian arkeologis, berbagai fosil yang ditemukan, mitos tentang balung buto, lingkungan masa lalu di situs Sangiran,  jenis manusia purba dan binatang purba yang ada,  serta cara-cara manusia purba berburu dan mengolah binatang buruannya sebelum disantap.

Judul: Mengenal Cara Manusia Purba Mengolah Binatang Hasil Buruannya
Penulis: Ilham Abdullah
Penerbit: BPSMPS, 2020, Sragen
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: iv + 64 Koleksi Perpustakaan Tembi Rumah Budaya

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *