Orang Kelahiran Sabtu Pon Pemaaf, tapi Kehidupan Perkawinannya Tidak Lancar

Pekan ini Wuku Gumbreg, wuku nomor enam dari 30 wuku yang ada, periode 3 s/d 9 Oktober 2021, Penanggalan Jawa 26 Sapar s/d 2 Mulud tahun Alip 1955  

Pranatamangsa: mangsa Surya IV (Kapapat), mulai 18 September s/d 12 Oktober 2021, atau 11 Sapar s/d 5 Mulud tahun Alip 1955, umurnya 25 hari. Candranya: Waspa Kumembeng Jroning Kalbu. Artinya air tergenang di dalam batin, untuk menggambarkan musim hujan segera datang. Musim Labuh (peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan) ditandai dengan pohon kapas randu berbuah. Orang yang lahir pada musim ini wataknya baik, pandai membawa diri dan necis.                                                                                                

Kitab Primbon Betaljemur Adammakna adalah kumpulan pengetahuan berdasarkan ‘ilmu titen’ yang berlangsung turun-temurun. Kitab tersebut memuat 337 bab, salah satu di antaranya adalah pengetahuan mengenai watak seseorang menurut jumlah hari dan pasaran kelahiran atau weton. Berikut dituliskan watak dari orang yang mempunyai hari dan pasaran kelahiran satu minggu ke depan:

Minggu Paing, 3 Oktober 2021, kalender Jawa 26 Sapar, tahun Alip 1955, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Minggu + Paing, 5 + 9 = 14, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Orang kelahiran Minggu Paing wataknya rendah hati, serba bisa, cepat menangkap ilmu yang diajarkan, jika tidak mempunyai rejeki ada orang yang datang memberi. Sayangnya agak sungkan dan tidak kaya.

Untuk pindah rumah disebut ‘NUJU PATI’ dukacita dan sengsara. Naga dina berada di ‘kidul kulon’ (barat daya).

Senin Pon, 4 Oktober 2021, kalender Jawa 27 Sapar, tahun Alip 1955, hari baik untuk mantu dan berbagai keperluan, tetapi tidak baik untuk bepergian jauh karena jatuh pada perhitungan suku, Senin + Pon, 4 + 7 = 11.

Orang kelahiran Senin Pon pada dasarnya baik, percaya diri, pemberani, tidak takut mati. Suka memberi kepada sesamanya. Sayangnya jika terpojok dan tertekan ekonominya, dapat melakukan tindakan tidak jujur diantaranya mencuri dalam arti luas.

Untuk pindah rumah disebut ‘DEMANG KANDHUWURAN’ sakit-sakitan. Naga dina berada di ‘wetan’ (timur).

Selasa Wage, 5 Oktober 2021, kalender Jawa 28 Sapar, tahun Alip 1955, hari baik untuk mantu dan berbagai keperluan, tetapi tidak baik untuk bepergian jauh karena jatuh pada perhitungan watu.

Selasa + Wage, 3 + 4 = 7. Orang kelahiran. Selasa Wage mempunyai dasar watak yang baik, menerima apa adanya, gemar mengolah ilmu ‘Kapadhitan’ dan senang pergi jauh. Bicaranya tidak mau kalah, besar keberuntungannya. Hati-hati dengan penyakit yang menyerang kepala.

Untuk pindah rumah disebut ‘MANTRI SINAROJA’ disenangi orang banyak. Naga dina berada di ‘lor wetan’ (timur laut).

Rabu Kliwon, 6 Oktober 2021, kalender Jawa 29 Sapar, tahun Alip 1955, hari baik untuk mantu dan berbgai keperluan. Rabu + Kliwon 7 + 8 = 14, jatuh pada perhitungan ratu, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Timur, tempat Kala berada.

Orang kelahiran Rabu Kliwon berkemauan keras, teguh pendiriannya, sangat hati-hati, cukup rejekinya, sejahtera, pandai memimpin, banyak sahabat yang mencintai. Sayangnya justru sering cekcok dengan pasangannya.

Untuk pindah rumah disebut PITUTUR, banyak masalah. Naga dinaberada di ‘kidul wetan’ (tenggara).  

Kamis Legi, 7 Oktober 2021, kalender Jawa 30 Sapar, tahun Alip 1955, hari baik untuk mantu dan berbagai keperluan. Kamis + Legi 8 + 5 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya tempat Kala berada.

Orang kelahiran Kamis Legi bicaranya menyenangkan. Hatinya baik, mendambakan kerukunan dan kedamaian keluarga dan saudara, tidak mempunyai nafsu jahat, kuat untuk menahan tidur, cepat mencapai sejahtera lahir batin, jika berdagang rajin dan tekun. Namun perlu hati-hati karena wataknya yang baik, banyak pujian yang dapat mengakibatkan kesombongan.

Untuk pindah rumah disebut SATRIA PINAYUNGAN selamat dihormati orang banyak. Naga dina berada di ‘lor kulon’ (barat laut).

Jumat Paing, 8 Oktober 2021, kalender Jawa 1 Mulud, tahun Alip 1955, hari baik untuk mantu dan berbagai keperluan. Jumat + Paing, 6 + 9 = 15, jatuh pada perhitungan ratu, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Timur tempat Kala berada.

Orang kelahiran Jumat Paing kemauannya keras, pendiriannya teguh, sangat hati-hati, cukup rejekinya, sejahtera, pandai memimpin, banyak sahabat yang mencintai, tetapi dengan pasangannya sering bertengkar.

Untuk pindah rumah disebut ‘MANTRI SINAROJA’ disenangi orang banyak. Naga dina berada di ‘kidul wetan’ (tenggara).

Sabtu Pon, 9 Oktober 2021, kalender Jawa 2 Mulud, tahun Alip 1955, hari baik untuk mantu dan berbagai keperluan. Sabtu + Pon  9 + 7 = 16, jatuh pada perhitungan suku, tidak baik pula untuk bepergian jauh.

Orang kelahiran Sabtu Pon bicaranya menyenangkan, tidak menyakitkan, pemaaf, banyak komentar atas hasil orang lain, apa yang dikerjakan dapat terwujud, hal makanan mempunyai seleranya sendiri. Namun dalam hal perkawinan tidak lancar. (*)

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×